Udang

Siapa yang tak tahu Udang selain enak rasanya dan gizi tinggi, coba anda masuk rumah makan atau restoran, atau anda berada di sebuah Hotel mewah, pesan makanan atau masakan yang mengandung udang tentu harganya ratusan ribu rupiah, bahkan ada yang jutaan, bermacam-macam jenis udang, ada yang gede namanya udang Lobster.

Namun bagi orang-orang tertentu yang mempunyai penyakit Asam Urat, tidak boleh makan udang, sebab udang akan menambah tingginya Kolesterol dan Asam Urat secara cepat.

Udang dipakai sebagai Ungkapan, contohnya ada seseorang yang bodoh dikatakan “Otak Udang” atau dia berotak udang, ada lagi “Ada Udang di balik batu” ungkapan ini menggambarkan bahwa ada maksud-maksud tertentu dibalik persoalan.

Kenapa kok otak udang! Jawabannya udang itu yang berada di kepalanya adalah kotoran (telek), kotoran udang bukan diperut, tetapi berada di kepala, oleh karena itu kalau memasak udang kan kepalanya dibuang, sebab disitu tersimpan kotoran (telek) udang.

Itulah sebabnya kenapa seseorang yang bodoh dikatakan berotak udang, artinya kalau isi kepala manusia itu kan otak untuk berfikir, tetapi kepalanya udang isinya kotoran (telek), jadi kalau dikatakan Otak Udang adalah Otak telek seperti kepalanya udang.

Kemudian “Ada udang dibalik batu” kenapa yang ada dibalik batu itu kok udang bukan yang lain? umpamanya ikan Teri atau kepiting.

Dalam cerita wayang ada udang yang cantik namanya Dewi Urang Ayu, termasuk bidadari sebab Dewi Urang Ayu adalah anak Dewa Baruna (Dewa Ikan di lautan), aku nggak habis pikir wong ikan kok beranak udang.

Dewi Urang Ayu diambil istri sama Bima, sebab-sebab Bima memperistri Dewi Urang Ayu adalah sewaktu Pendawa Kumpul dengan Korawa, Korawa ingin membunuh Bima dengan alasan nanti di dalam perang Barata Yudha kalau Bima sudah mati Pendawa tidak punya kekuatan lagi, Korawa yang akan menang.

Maka Bima oleh Korawa diajak minum-minuman keras, seperti Ciu, Beer, Badeg, Tuwak, Waragang, Brendi, Jenewer, Sake, Martini, spiritus, obat nyamuk dan Kontol dijadikan satu, (maaf maksudku Kontol itu minuman keras cap burung Kontol sebangsa Blekok, bukan punya orang laki…he..he..!!!), yang akhirnya Bima mendem (mabok), setelah Bima mabok maka Bima ditaleni, ditlikung dan disrimpung dibanduli batu, kemudian oleh para Korawa Bima dimasukkan ke laut supaya tenggelam.

Apa yang terjadi, Ada Udang Dibalik Batu, yaitu udangnya bernama Dewi Urang Ayu, di balik batu yang dipakai mbanduli si Bima tadi didasar laut yang kemudian menolong si Bima, yang akhirnya Dewi Urang Ayu diperistri Bima.

Masih ada hubungannya dengan otak udang, Bima dan Urang Ayu mempunyai anak namanya Wasi Ontoseno, Ontoseno berotak udang agak mengong, tetapi amat sakti didalam cerita pewayangan.

Itulah sebabnya ada istilah Otak Udang dan Ada Udang Dibalik Batu, ungkapan ini dipakai sampai sekarang.

Embuuh (nggak tahu) kenyataannya yang benar bagaimana, wong ini hanya karanganku sendiri …hi…hi…hi…!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s